Setiap kecelakaan dalam frekwensi sering (terjadi berulang-ulang) atau
sekecil apapun pasti ada penyebabnya. Bagai efek kartu domino, setiap
penyebab dapat memberikan efek bagi penyebab lainnya sehingga akhirnya
terjadi sebuah kecelakaan.Secara hirarki ada 3 penyebab kecelakaan yaitu
:
Penyebab langsung, Penyebab Dasar dan Kurang kendali.
1. Penyebab langsung adalah sebab-sebab yang secara langsung
mengakibatkan terjadinya sebuah kecelakaan. Penyebab langsung biasanya
dibedakan kedalam 2 kriteria, yaitu :
a. Tindakan tidak aman (unsafe action), adalah perilaku manusia dalam bekerja yang tidak sesuai prosedur.
Contoh tindakan tidak aman adalah mengoperasikan kendaran dengan
kecepatan tinggi, mengoperasikan alat diatas batas kecepatan maksimum,
menggunakan memperbaiki sesuatu yang bukan bidangnya. Meletakkan benda
tajam diarea yang dapat dijangkau oleh anak. Menyimpan benda yang bukan
pada tempatnya.
b. Kondisi tidak aman (unsafe condition), adalah suatu keadaan, kondisi,
atau situasi disekitar manusia beraktivitas, yang tidak aman.
Contoh adalah menggunakan perkakas atau alat rusak, rambu tidak lengkap,
kurang penerangan, suhu ekstrim panas dingin. Bekerja disaat hujan.
Bekerja dibawah terik matahari.
2. Penyebab Dasar Yang dimaksud dengan Penyebab Dasar adalah hal-hal yang
mengakibatkan atau mendorong Penyebab Langsung. Penyebab Dasar dibedakan dalam 2 kategori, yaitu:
a. Faktor personal, adalah faktor-faktor di dalam diri pekerja / korban
yang mendorong dirinya untuk melakukan tindakan tidak aman.
Contohnya adalah kurangnya pengetahuan, kemampuan yang kurang (baik
secara fisik maupun kejiwaan), stress, dan motivasi yang tidak tepat.
Jika Anda agak bingung dengan istilah motivasi yang tidak tepat maka
contoh yang dapat saya berikan adalah misalnya rangsangan bonus dan
kurang penghargaan akan menyebabkan seseorang untuk mengendarai
kendaraan di atas batas kecepatan yang telah ditentukan.
b. Faktor PekerjaanContoh Faktor Pekerjaan adalah kepemimpinan yang
kurang, peralatan dan material kurang, standar kerja kurang, pola jam
kerja (time shift).
3. Kurang Kendali (Lock of Control), kurang kendali dapat
diterjemahkan sebagai kegagalan manajemen dalam memenuhi dan menegakan
standar yang ada di dalam Perusahaan. Contohnya adalah pelatihan yang
kurang, tidak terjadualnya inspeksi terencana, organisasi yang tidak
berjalan atau salah menganalisa suatu kecelakaan.